Daarul Qur'an - Pendidikan
Rumah Tahfidz
Kata Nabi Muhammad SAW, “Allah mempunyai keluarga diantara manusia.” Para sahabatpun bertanya? “Siapakah mereka ya Rasulullah?” Rasul menjawab, “Para ahli Al Qur’an. Mereka keluarga Allah dan pilihan-pilihan-Nya” (HR Ahmad).

Indonesia adalah Negara mayoritas penduduknya Muslim, tetapi kenyataan yang terjadi sekarang adalah melemahnya Identitas kita sebagai negara muslim. Ini dapat dilihat dengan banyaknya masyarakat yang masih susah dalam menjaga Istiqomahnya dalam beribadah karena berbagai macam alasan bekerja, belajar, berdagang dan lain-lain.

PPPA Daarul Qur’an merupakan wadah yang dapat dijadikan sebagai motor penggerak masyarakat untuk dapat bersama-sama mengembalikan Citra Indonesia yang merupakan Negara muslim dengan menjaga amal ibadahnya wajib ataupun sunnah. Dengan menjalankan Daqu Method, diharapkan Identitas kita sebagai muslim baik di mata Allah SWT dan Negara lain jauh lebih berkualitas.

Rumah Tahfidz Daarul Qur’an merupakan program yang digagas oleh Pesantren Tahfidz Daarul Qur’an, program ini mengembangkan centra-centra tahfidz di lingkungan masyarakat dan perusahaan. Ide dasarnya untuk membibit dan mencetak para penghafal Al-Qur’an. dengan melibatkan pontesi masyarakat yang ada.

Rumah Tahfidz Daarul Qur’an menjadi salah satu sarana dan wadah dalam membangun generasi yang qur’ani dan berakhlakul karimah. Tidak mesti memerlukan dana yang besar untuk membangun Rumah Tahfidz ini, hanya dengan modal semangat dan menggaet anak-anak SD,dan SMP untuk didik sebagai penghafal Al-Qur’an. pada akhirnya anak-anak ini yang akan mewarnai perkembangan Pesantren Daarul Qur’an diberbagai daerah. Operasional Rumah Tahfidz pun memaksimalkan pontesi yang ada, seperti pusat pembelajaraan tahfidz dilakukan di masjid atau musholla dan santri-santri pun sekolah menggunakan sekolah yang sudah ada di lingkungan tersebut. kecuali guru-guru tahfidz yang akan training oleh PPPA Daarul Qur’an dengan tujuan agar misi dan visi pendidikannya tidak berbeda dengan sistem Pesantren Daarul Qur’an yang telah dikembangkan. Dengan sinergi program antara PPPA Daarul Qur’an dengan Rumah Tahfidz Daarul Qur’an diharapkan 100.000 pengahafal Al-Qur’an dapat lebih cepat diwujudkan


VISI

Menjadi wahana dalam masyarakat untuk mencetak generasi penghafal AL-Qur’an dan menjalankan Daqu Method yang merupakan keteraturan ibadah terhadap Allah SWT yang dapat dijalankan secara bersama-sama dengan istiqomah.


MISI

  1. Melaksanakan  pengajaran kepada  masyarakat tentang Daqu Method:
    1. Sholat fardhu berjamaah diawal waktu plus shalat Qobliyah-Ba’diyahnya
    2. Sholat Dhuha
    3. Sholat Tahajjud (Qiyamul Lail)
    4. Tahfidz Qur’an
    5. Dzikir
    6. Sedekah
  2. Menanamkan sifat keikhlasan dalam masyarakat tentang beribadah
  3. Melaksanakan bimbingan pada masyarakat secara terpadu
  4. Memotivasi masyarakat dalam mempelajari Al-Qur’an

Link website terkait
 
Rumah Tahfidz  |  ( 9.761 ) views